how to write perfect ielts essay https://freeessaywriter.org/ how to write english joint letters
how to write an essay harvard https://paperhelp.nyc/ how to write key achievement in cv
how to write descriptive essay example paper help best paper writing service canada

Skill merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh seorang ulama’. Untuk itu, PKU UNIDA Gontor mengadakan pelatihan-pelatihan yang berupa teknik penulisan dan juga public speaking (orasi). Sehingga kader-kader ulama’ nantinya akan menjadi ulama’ yang tak hanya pandai ilmunya, namun tulisan dan orasinya bisa menjadi alat untuk berdakwah di masyarakat. Selama program, pelatihan ini dikelompokkan menjadi lima, yaitu :

1. Jurnalistik

Semakin berkembangnya zaman, teknologi digital semakin berkembang dan mengubah tatanan sosial masyarakat modern. Untuk itu, peserta dibekali dengan pelatihan jurnalistik, dan juga menulis dalam media sosial. Dengan adanya pelatihan ini, kader-kader ulama’ dapat menulis khazanah Islam dan juga melawan tulisan-tulisan yang “menyesatkan” di berbagai website dan media sosial.

2. Teknik Penulisan Karya Ilmiah

Selain pelatihan jurnalistik, peserta program juga dilatih terkait penulisan karya ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan. Pelatihan ini juga merupakan penguatan wawasan teknik kepenulisan peserta untuk menulis tugas akhir di program ini, yaitu membuat karya ilmiah. Sehingga alumni dari program ini nantinya akan menjadi ulama’ yang pandai dan juga produktif dalam menulis karya ilmiah.

3. Multimedia

Media dakwah di zaman modern ini semakin berkembang secara pesat, salah satunya adalah media sosial. Untuk itu, penting bagi kader ulama’ untuk menguasai berbagai bidang  multimedia untuk sarana dakwah. Dalam pelatihan ini, peserta akan diberikan pelatihan terkait pembuatan video beserta teori dan aplikasinya.

4. Public Speaking dan Leadership

Sebagai kader ulama’ yang akan terjun ke masyarakat, teknik berdakwah dan juga memimpin merupakan kunci untuk menarik perhatian masyarakat. Untuk itu, peserta program dibekali teknik berbicara di khalayak ramai dan juga cara memimpin yang baik dan sesuai syari’at Islam. Sehingga kader ulama’ yang akan terjun ke masyarakat dapat menjadi pemimpin yang dapat berbicara dengan baik.

5. Pelatihan Dakwah dan Uji Publik (Workshop)

Setelah menjalani program selama enam bulan, peserta akan menjalani uji publik yang berupa seminar pemikiran dan peradaban. Adapun peserta akan menjadi pemateri di seminar-seminar yang diadakan dengan berbagai kampus, pesantren, dan lembaga di pulau jawa. Materi yang aakan disampaikan adalah hasil karya ilmiah yang telah diteliti selama program berlangsung.