pku.unida.gontor.ac.id-Pada hari Jum’at (11/12) Program Kaderisasi Ulama’ (PKU) Universitas Darussalam Gontor mengadakan seminar Pemikiran dan Peradaban Islam di Kampus Ibnu Khaldun, Bogor.  Diadakannya seminar tersebut adalah hasil kerjasama antara Kampus Ibnu Khaldun dengan UNIDA Gontor untuk meningkatkan keilmuwan mahasiswanya, khususnya dalam pemikiran dan peradaban Islam. Seminar tersebut digelar di Aula Hijri 2 Ibnu Khaldun serta dihadiri sekitar 100 orang peserta.

Seminar tersebut diikuti oleh beberapa Dosen UNIDA; al-Ustadz Dr. Nurhadi Ihsan, MIRKH., Hasib Amrullah, M.Ud., Dr. Adib Fuadi Nuriz, M.A. M.Phil., dan beberapa pembimbing PKU. Selain itu, turut dihadiri oleh beberapa dosen dari Universitas Ibnu Khaldun tersebut, salah satunya Dr. Nirwan Syafrin, selaku Wakil Rektor 3 di kampus Ibnu Khaldun.

“PKU harus bisa melihat isu kontemporer dan mampu memberikan konstribusi dalam menyelesaikan dan meng-counter problem yang ada saat ini,”ucap Ustadz Nurhadi di Dalam sambutannya kepada para hadirin yang memadati aula pertemuan.

Dalam seminar ini, peserta PKU yang mendapatkan kesempatan untuk memaparkan makalahnya yaitu Arif Setya Basuki dengan tema “Pembangunan Berkelanjutan: Konsep dan Kritik”, Fachri Khoeruddin memaparkan tema “Tradisi Kritik dalam Penetapan Kesahihan Hadits”, dan  Mohammad Kholid membawakan tema “Konsep Milk al-Yamin Syahrur: Tinjauan Kritis”.

Di akhir sesi, ditutup dengan epilog oleh Dr. Nirwan Syafrin. “Banyak sekali isu dan tantangan pemikiran yang terjadi di Indonesia saat ini, maka merupakan suatu kewajiban bagi kita untuk mencegah masuknya isu tersebut, yaitu salah satunya dengan mengadakan sosialiasasi mengenai seminar pemikiran dan peradaban Islam ini,” tutur Dr. Nirwan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.