pku.unida.gontor.ac.id- Kamis, 19/9/2019, kedua kali peserta Program Kaderisasi Ulama (PKU) mengikuti kuliah tulis-menulis bersama Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum. Kuliah yang bertempat di Hall Hotel Unida, baru bisa dimulai pukul 10.00 WIB. Sedikit lebih lambat dari jadwal semestinya dikarenakan beberapa teknis.

Sesi pertama ini berhenti tepat saat adzan dhuhur berkumandang. Selanjutnya sesi kedua dimulai pukul 13.00 WIB hingga menjelang shalat ashar. Kali ini Pak Rohmadi, begitu sapaan akrab beliau, memberikan materi seputar penulisan artikel-artikel ilmiah. Salah satunya adalah menulis artikel ilmiah untuk dimuat di jurnal. Di sesi ini beliau memaparkan beberapa aturan penulisan artikel, seperti naskah artikel belum pernah terekspos di media cetak maupun online, panjang naskah sepuluh sampai dengan lima belas halaman, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Jum’at Berkah; PKU XIII Berbagi Kebaikan kepada Sesama

“Masing-masing jurnal mempunyai aturan yang berbeda. Tinggal nanti kita sesuaikan saja dengan aturannya.” Imbuh beliau setelah memaparkan aturan umum penulisan artikel jurnal.

Sesi pertama selesai saat adzan dhuhur berkumandang. “Sebelum Pak Rohmadi tutup, silahkan kalian baca dan koreksi tulisan artikel teman samping kalian. Setelah itu nanti silahkan saling kasih komentar.” Instruksi beliau sebelum menutup kuliah sesi pertama siang itu.

Pada sesi kedua, semua peserta PKU saling memberikan komentar untuk artikel temannya. “Secara umum tulisan al-Ustadz Fauzan Adzima sudah bagus. Tapi di sini ada beberapa catatan. Salah satunya seperti, antara paragraf satu dengan paragraf selanjutnya ada yang belum saling terkait.” Komentar Martin Putra Perdana.

Baca Juga: Paulus; Bapak Misionaris Modern

Di sela-sela para peserta saling memberikan komentar, Pak Rohmadi juga menambahkan beberapa penjelasan tentang isi paragraf. Yaitu terdiri dari empat struktur; kalimat utama, kalimat penjelas, kalimat pengembang, dan kesimpulan.

Menjelang shalat Ashar kuliah ditutup dengan sesi perfotoan bersama. Selang perfotoan Pak Rohmadi menyempatkan diri untuk ngevlog bersama peserta PKU. Dalam vlog-nya beliau mengajak semua pemuda-pemudia dan siapa pun yang melihat videonya untuk cinta kepada “Ratulisa,” Rajin Menulis dan Membaca.[]

Rep. Tauhid Mafaza
Ed. Admin PKU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.