Selasa, 27 Desember 2016. Program Kaderisasi Ulama (PKU) Gontor telah menyelesaikan program pendidikannya selama 5 bulan di kampus Universitas Darussalam Gontor.
Pada bulan terakhir (bulan ke-6), Rabi’ul Akhir 1438 ini, para peserta mempresentasikan tugas akhir mereka di berbagai lembaga pendidikan Islam di Jawa, seperti pesantren, perguruan tinggi, organisasi massa Islam, dsb.

Selain seminar, para peserta juga diagendakan bersilaturrahim dengan berbagai tokoh umat Islam, di antaranya Prof. Dr. Imam Suprayogo, KH. Ma’ruf Amin (MUI), KH. Masbuhin (Manbaul Sholihin Gresik), MUI Jatim, Prof. Dr. Abdul Kadir Baradja, M.Sc (YDSF), Dsb.

Seminar Pemikiran dan Peradaban Islam yang dilaksanakan pada Selasa-Ahad, 27 Desember 2016 – 22 Januari 2017 ini diawali dengan seminar di Sekolah Tahfidz dan Ilmu Dakwah al-Furqon Ponorogo. Adapun pematerinya adalah Ustadz M. Rahman dengan judul Legitimasi Adat sebagai Sumber Hukum Islam : Studi Kritis Nalar Islam Nusantara; Ustadz Fadhli Rifenta dengan judul Keadilan Universal dalam Hukum Waris Islam; dan Ustadz Yusuf Patria dengan judul Syariah dan Perang.

Seminar PKU selain bertujuan untuk uji publik dan penambahan wawasan untuk peserta, juga bermaksud untuk membentengi masyarakat dari merebaknya paham-paham sekularisme, pluralisme, dan liberalisme.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.