pku.unida.gontor.ac.id- Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, pada hari Idul Adha tahun ini Peserta Program Kaderisasi Ulama’ angkatan ke-13 melaksanakan kegiatan yaitu menjadi khotib dan imam dalam sholat idul adha yang diadakan pada hari senin, 11 Agustus 2019 bertepatan pada 10 Dzulhijjah 1440 H di berbagai masjid-masjid sekitar ampus Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor.

Mereka adalah al-Ustadz Muhammad Shofwan Muttaqin yang mendapatkan tugas menjadi khatib shalat Idul Adha di masjid al-Hidayah Desa Sawuh, Siman dengan Judul “Berkorban adalah Ciri Seorang Muslim” dengan intisarinya beliau menyampaikan bahwa bagi seorang Muslim berkorban dijalan Allah secara total baik harta, tenaga, fikiran bahkan nyawa adalah satu-satunya jalan yang logis dan masuk akal untuk mendapatkan rizki dan segala kemudahan.

BACA JUGA: Nyate Jama’atan

Karena rizki dan kemudahan hanya milik dan dari Allah, dan Allah berjanji bagi siapa saja yang takwa, taat kepadaNya, memberi dan berkorban, maka Allah akan memberikan rizkinya dari jalan-jalan yang tidak pernah disangka oleh manusia beserta segala kemudahannya. Kemudian diteruskan imam oleh al-Ustadz Ahmad Tauhid Mafaza.

Adapun al-Ustadz Cep Gilang Fikri As-Shufi sebagai khatib di Masjid al-Amin Brahu dengan judul “Tiga Dimensi Qurban”. Pertama, Dimensi Aqidah, intinya adalah keikhlasan. Kedua, Dimensi Ibadah, (kesiapan taat terhadap aturan, dimulai waktu, jenis hewan, dan kriteria hewan). Ketiga, Dimensi muamalah/sosial (soal kebijakan dan memenuhi hak bagian masing-masing).

Dan al-Ustadz Achmad Fuad Fahmi mendapat tugas menjadi khatib di Masjid Jami’ Brahu, menyampaikan tentang “Keteladanan Nabi Ibrahim As” yang intisarinya bahwa sebagai orang tua mempunyai upaya untuk mendidik seorng anak agar menjadi shaleh dengan mencontoh Nabi Ibrahim AS, yang menjalankan semua perintah dari Allah SWT dan menghidari dari gangguan-gangguan syaitan terhadap perbuatan yang dilarangnya, serta kita buang kecongkaan dan kesombongan hawa nafsu kita.

Supaya hawa nafsu tersebut tidak tumbuh dalam diri kita.
Sebelum para peserta menjalankan tugas menjadi khatib dan Imam tentunya seluruh peserta wajib mengikuti pengarahan pelatihan Khatib dan Imam oleh Al-Ustazd Dr. Mulyono Jamal yang dilaksanakan pada hari Rabu 24 Juli 2019. Hal ini dilaksanakan sudah jauh-jauh hari supaya lebih matang dalam menyiapkan materi dan kesiapan lahir dan batin.

BACA JUGA : Alhambra Night Show 3.0, Pagelaran Seni Ala Perguruan Tinggi Pesantren

Tak hanya itu, semua yang bertugas menjadi khatib diwajibkan untuk bertajadud atau latihan secara langsung bertatap muka bersama Dr. Muyono Jamal di kediaman rumah beliau. Hal ini dilakukan sebagai kroscek dan evalusi sebelum mereka terjun secara langsung.

Kegiatan ini adalah kegitan kerjasama antara Program Kaderisasi Ulama dengan Ta’mir masjid-masjid sekitar kampus Universitas Darussalam Gontor. Disamping itu, kegiatan ini sebagai ajang dakwah para peserta program kaderisasi Ulama (PKU) dan pengabdian secara langsung kepada masyarakat sekitar.

Tentu kegiatan ini sangat penting dilaksanakan disetiap tahunnya. Karena dengan harapan para peserta PKU nantinya ketika kembali kemasyarakat akan terbiasa ketika berhadapan langsung di masyasyarakat nanti.
Dalam hal ini peserta program kaderisasi ulama mengamalakan apa yang selalu disampaikan oleh TRIMURTI pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor bahwa orang besar menurut Gontor adalah mereka yang terjun kemasyarakat dan berdakwah ditempat desa terpencil jauh dari keramaian, di surau-surau atau di kaki-kaki gunung bahkan di kolong jempatan sekalipun.

Hal ini salah satu falsafah pondok yang menjadikan pegangan hidup oleh para santri-santi dan alumninya. Untuk itu kegiatan ini dilaksanakan di tempat desa-desa terpencil yang mana penduduknya sangat sedikit dan tentu masih sangat jauh dari keramaian. Inilah salah satu bentuk kegiatan Peserta Program Kaderisasi Ulama dalam pengabdian kepada masyarakat.[]

Rep. M. Shofwan Muttaqin (Peserta PKU Angkatan ke-13)
Ed. Achmad Reza Hutama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.