Penulis Berita: Aida Hayani/ Peserta PKU Angkatan 15

PKU UNIDA Gontor – Senin, (16/08/2021) kemarin PKU Universitas Darussalam (UNIDA Gontor) bersama Minbar Al-Aqsa Association menyelenggarakan “Daurah Nuruddin Zanki” yang kali ini bertemakan “Al quds dan palestina: geografi dan corak masjidil aqsa”. Daurah ini diselenggarakan selama 6 hari berturut-turut. Mulai dari hari Sabtu, 14 Agustus- Kamis, 19 Agustus 2021 secara virtual melalui Zoom Meeting. Daurah Nuruddin Zanki hari ini diisi oleh Dr. Marwa Nassar (Anggota Cendekiawan Muslim Palestina, Pakar Hadist dan Sunnah Nabawiyyah) dan acara Daurah ini dipandu oleh Ustadz Azhar Amir Zaen, M.Ed. (Dosen Pendidikan Bahasa Arab).

Dr. Marwa Nassar, selaku pemateri hari ini menyampaikan  bahwa Baitul Maqdis dikelilingi oleh keberkahan,Syar’iyyah dan dunyawiyyah. Keberkahan di bidang agama karena merupakan tempat turunnya para nabi, sedangkan keberkahan dunia karena dikelilingi oleh kebaikan-kebaikan duniawi, yaitu terdapatnya sungai-sungai, pohon-pohon, dan buah-buahan yang semua itu menjadi sebab terpenuhnya kehidupan dan bahan makanan. Masjidil al-Aqsha adalah masjid kedua yang dibangun di atas bumi sebagaimana hadits Abu Dzar yang diriwayatkan oleh al-Bukhari dan muslim. Dia berkata, “Aku bertanya, ‘Waha Rasulullah! Masjid manakah yang pertama dibangun di mukan bumi?’ Beliau menjawab, ‘Masjidil Haram.’ Aku bertanya lagi, ‘Kemudian masjid mana?’ Beliau menjawab, ‘Masjidil Aqsha.’ Aku bertanya lagi, ‘Berapa jarak (pembangunan) antara keduanya?” Beliau menjawab, ‘Empat puluh tahun.’

Terdapat perbedaan pendapat mengenai siapakah yang pertama membangunnya. Pendapat pertama menyatakan bahwa yang pertama adalah salah seorang putra Nabi Adam a.s. Pendapat kedua menyatakan bahwa yang pertama membangunnya adalah para malaikat kemudian sebagian besar para nabi merawatnya.

Disebutkan bahwa Nabi Ibrahim a.s. memperkokoh bangunannya. Demikian pula yang dilakukan oleh Nabi Ya’qub AS dan dan yang dilakukan Nabi Dawud a.s. serta putranya, Nabi Sulaiman a.s. ketika Umat Islam menaklukan Al-Quds pada tahun 15 Hijriah, Khalifah Umar ibnu al-Khaththab memasuki pelataran Masjid al-Aqsha dan mengatakan, “Demi Allah! Inilah masjid Dawud AS, Rasulullah SAW  telah mengabarkan kepada kami bahwa di sinilah beliau di-isra’-kan.” Umar r.a. lalu memerintahkkan agar Masjid al-Aqsha dipugar.

Peserta Daurah Nuruddin Zanki sangat antusias menghadiri acara tersebut. Hal itu bisa dilihat dari jumlah banyaknya pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta. Diantaranya adalah  mahasiswa UNIDA Gontor dari berbagai prodi dan semester, Peserta dari Program Kaderisasi Ulama UNIDA Gontor dan peserta umum.

Adapun, tujuan diadakannya Daurah ini adalah untuk membuka mindset masyarakat Indonesia tentang sejarah Al Quds dan Baitul Maqdis bagi umat Islam.  Selain itu, terselenggarakannya acara ini diharapkan bisa meningkatkan semangat kepedulian generasi muda. (Editor: Rizky, Rofiqi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.