pku.unida.gontor.ac.id- Pada hari Jum’at (20/9) merupakan momentum yang sangat berharga untuk berbuat kebaikan, Karena hari jum’at adalah hari yang memiliki keutamaan, terlebih dalam beribadah. Seperti apa yang disebut oleh Rasulullah SAW dalam haditsnya, “Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya adalah hari Jum’at; pada hari ini Adam diciptakan, pada hari ini (Adam AS) dimasukkan ke dalam surga, dan pada hari ini pula ia dikeluarkan dari surga. Dan tidaklah kiamat akan terjadi kecuali pada hari Jum’at. (HR. Muslim, No. 854)”

Selain itu, hari ini juga dinamakan sayyidul ayyam, hari di mana Allah SWT memberikan pahala kepada para hambaNya yang senantiasa melakukan amal ma’ruf (perbuatan yang baik), salah satunya melalui program berbagi dalam sebungkus Nasi yang dilakukan oleh peserta Program Kaderisasi Ulama (PKU) Universitas Darussalam Gontor.

BACA JUGA: Diskusi Bahasa Arab 3: Teori dan Teknik Penerjemahan Teks Berbahasa Arab

Selepas acara tahsin qira’ah di asrama pada pukul 05.30 WIB para peserta PKU bersiap untuk berangkat ke lokasi pembagian nasi bungkus. Lokasi pertama yaitu di sekitar alun-alun Ponorogo. Terlihat para peserta PKU sangat antusias dalam membagikan sebungkus nasi kepada para tukang becak, tukang parkir, dan lain sebagainya. Usai membagi nasi bungkus di sekitar alun-alun, para peserta PKU beralih tempat ke Pasar Songgolangit. Mereka juga menjumpai para tukang parkir, tukang becak yang pada saat tu belum mengambil sarapan pagi di rumah.

“Syukur alhamdulillah senang rasanya pada hari yang penuh berkah ini kita bisa berbagi nasi kepada kalangan yang kurang mampu” tutur Martin Putra Perdana, salah satu dari peserta PKU UNIDA Gontor Angkatan XIII.

“Seorang ulama selain harus memiliki kapasitas dan kualitas ilmu yang bagus, seorang ulama juga harus memiliki peran penting terhadap kepeduliannya akan orang-orang sekitar, misalnya berbagi kebaikan walau dengan sebungkus nasi”. Kata Irfan, salah satu dari peserta PKU.

Kegiatan yang diketuai oleh Tabarokal Roby Rintoko ini masih akan berlanjut pada hari Jum’at mendatang. Semoga agenda berbagi nasi ini bisa membantu meringankan orang-orang yang membutuhkan. Karena sudah sepatutnya sesama manusia saling berbagi dalam kebaikan. Rasulullah SAW bersabda, wallahu fi aunil abdi ma kanal abdu fi auni akhihi, Allah akan menolong hambaNya selama hambaNya menolong saudaranya. HR. Muslim.[]

Rep. Fauzan Adzima
Ed. Admin pku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.