pku.unida.gontor.ac.id- Sekitar 1 bulan 15 hari, PKU Unida sudah berjalan kegiatannya, dimulai dari pembukaan kemudian materi oleh dosen dan para pakar dibidangnya, seperti Dr. Adian Husaini, Dr. Henri Shalahuddin, Dr. Miftahul Ulum, Ust Ma’mun Affany, Dr. Rohmadi, Dr. Syamsuddin Arif, Dr. Nirwan Syafrin, Ust Fahmi Salim, Dr. Zahrul Fata, Ust Harda Armayanto, dan tidak lupa pula Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi. Peserta PKU UNIDA Gontor tidak hanya dibekali materi-materi pemikiran kontemporer dari para dosen, namun juga dituntut untuk membaca, menulis dan juga diskusi.

Dengan jadwal kesibukan di atas, salah satu peserta yang aktif dan juga dalam penelitiannya ia mencoba mengirim proposalnya ke turki mengenai studi tokoh pemikir kontemporer ‘Said Nursi’ atau sering sekali dijuluki sebagai ‘Badiuzzaman Said Nursi’.

Foto sebelum keberangkatan ke Turki

Peserta tersebut tak lain bernama Fawwaz Rizaka, ia sudah meminta izin ke Direktur PKU Unida Gontor untuk meninggalkan kegiatan PKU sementara selama seminggu, mulai terhitung dari tgl 26 agustus hingga 2 september 2019 nanti.

BACA JUGA: Framing Media terhadap Perempuan

Sudah semenjak tahun 2015 penulis mengetahui adanya kegiatan studi pemikiran dari Badi’uzzaman Said Nursi tokoh ternama di turki ditambah dengan keberangkatan mahasiswa/wi ditahun 2018 sebelumnya yang berjumlah 3 orang menambah motivasi dan kesemangatan penulis didalam penulisan proposal ini. Yang menarik adalah acara ini diadakan disetiap tahunnya dengan peserta yang diikuti oleh berbagai macam negara yang juga ikut hadir dalam acara ini.

Tepatnya di tahun 2019  ini pendaftaran tersebut dibuka mulai dari awal bulan juli dan ditutup pada tanggal 21 juli yang pengumumannya akan diumukan pada tanggal 25 juli 2019. Berbagai buku yang berkenaan dengan buku materi dan tulisan penulis yang dikirimkan ke turki itu sudah dipersiapkan sejak awal. Seperti materi dan buku-buku bacaan yang berkaitan dengan tokoh Said Nursi. Ketertarikan penulis sendiri sudah dimulai semenjak kuliah di strata satu. Diawal menulis ada perasaan ragu atau khawatir bila tidak masuk ke dalam seleksi karena mengetahui banyak peserta lain dari berbagai negara. Namun hal tersebut bukanlah penghalang kamu yang punya keinginan yang kuat. Lalu Bagaimana persiapan yang dibuat sebelum proposal dikirimkan simak dibawah ini langkah-langkahnya:

  1. Persiapkan judul tentunya dengan tema dari tokoh Badiuuzaman Said Nursi.
  2. Mulailah membaca buku yang berkaitan dengan judul.
  3. Mempunyai keinginan serta niat yang kuat dan bersungguh-sunguh.
  4. Selalu mengamati berita atau informasi terkait dengan acara ini, link nya https://www.iikv.org agar tidak ketinggalan informasi tentunya karena informasi ini sangat penting untuk persiapan kamu dan tau syarat-syarat yang harus dilengkapi.
  5. Harus teliti dalam mengisi syarat-syarat yang diperlukan terkait dengan acara.
  6. Acara ini berbahasa arab maupun berbahasa inggris yang diikuti oleh berbagai macam negara maka penulisan proposal menggunakan kedua bahasa diatas.

BACA JUGA: Dr. Khoirul Umam; Keikhlasan di Gontor

Setelah semua langkah-langkah diatas dilakukan maka hal yang terakhir dan ditunggu-tunggu adalah kabar bahwa proposal anda diterima. Perlu digaris bawahi program tahunan Turki ini adalah lembaga swasta, dan yang berkesempatan mendaftar bagi program magister atau doktoral. Dan kabarnya acara ini semuanya dibiayai penuh oleh lembaga jadi persiapkan tulisanmu sejak kini, karena bisa jadi kita yang memiliki kesempatan untuk ikut serta didalam acara tersebut. Langkah selanjutnya bila kamu sudah mendapat pemberitahuan diterimanya proposal segera selesaikan persyaratan yang diminta oleh panitia penyelenggara. Semoga kita memiliki kesempatan itu.[]

Rep. Fawwaz Rizaka (peserta PKU XIII Unida Gontor)
Ed. Admin pku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.