pku.unida.gontor.ac.id- Sabtu (24/8/2019) dalam acara kumpul dwi mingguan untuk dosen dan tenaga kependidikan UNIDA Gontor yang diisi oleh Al-Ustadz Khoirul Umam, M.Ec. beliau banyak menyampaian hal-hal yang esensial di Pondok dan UNIDA Gontor, salahsatunya adalah keikhlasan.

Direktur Program Kaderisasi Ulama Unida Gontor ini menyampaikan dalam kumpul tersebut bahwa kita harus bangga berada di Unida Gontor ini, karena tempat yang core-nya dalam setiap kegiatan adalah keikhlasan, lembaga yang di dalamnya ada orang orang yang sedang bersama-sama berjuang dan beramal shalih.

BACA JUGA: Sejarah Islamisasi Indonesia

“Kita semua bertanggungjawab menjaga suasana dimana dosen siap dan ikhlas mendidik serta mahasiswa siap dan ikhlas dididik. Hal inilah yang akan mengundang datangnya keberkahan dari Allah SWT.” Ujar Direktur PKU ini.

Keikhlasan merupakan panca jiwa yang pertama menurut Gontor, disitu diterangkan bahwa Jiwa ini berarti sepi ing pamrih, artinya berbuat sesuatu bukan karena didorong oleh keinginan untuk mendapatkan keuntungan tertentu. Namun, segala perbuatan dilakukan dengan niat semata-mata untuk ibadah, lillah. Kyai ikhlas mendidik dan para pembantu kyai ikhlas dalam membantu menjalankan proses pendidikan serta para santri yang ikhlas dididik. Itulah yang ditanamkan oleh Gontor untuk para santri-santrinya.

Bapak dari satu anak ini mengatakan “Jiwa ini menciptakan suasana kehidupan pondok yang harmonis antara kyai yang disegani dan santri yang taat, cinta dan penuh hormat. Jiwa ini menjadikan santri senantiasa siap berjuang di jalan Allah, di manapun dan kapanpun”.

BACA JUGA: Halaqoh Subuh; Islamisasi Ilmu Pengetahuan Kontemporer Menurut Ismail Raji Al-Faruqi

Dalam perjuangan di UNIDA ini, kita biasa mengalami hal-hal yang rumit dalam kerja tim, baik tim dalam sekala kecil ataupun dalam sekala besar. Salah satu saran Dr Khoirul umum, supaya kita mendekati tim kerja kita dengan pendekatan perjuangan dan dalam mengingatkan diupayakan dari jauh-jauh hari dan dilakukan secara berkala (berkali-kali). Begitu menurut beliau.

Terakhir yang beliau sampaiakan mengajak para dosen untuk tetap mendoakan mahasiswa, sekuat-kuatnya, sesering-seringnya, dalam waktu-waktu mustajab. In Sha Allah kalau kita ikhlas mendoakan mahasiswa kita, kami yakin mereka akan berhasil dalam bidangnya masing-masing. Yakinlah bahwa Alah tidak tidur, Allah Maha mendengarkan doa hamba-Nya. Tutur Direktur PKU Unida Gontor sekaligus Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen.[]

Disarikan dari ceramah Dr. Khoirul Umam, M.Ec
Rep. M. Shohibul Mujtaba, M.Ag
Ed. admin Pku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.