pku.unida.gontor.ac.id- Memasuki bulan kedua dalam Program Kaderisasi Ulama (PKU) di Universitas Darussalam Gontor, Para peserta PKU mulai difokuskan pada penentuan tema yang akan diusung untuk tugas akhir nanti. Sehingga pada hari Jum’at (23/8) diadakan kumpul koordinasi antara mentor dengan peserta PKU guna membahas terkait validasi tema yang akan disajikan ketika workshop. Acara ini dilaksanakan di Hall Hotel Univeritas Darussalam Gontor (UNIDA) pada pukul 20.00 WIB.

Ada sesuatu yang berbeda dengan para peserta PKU Angkatan XIII tahun ini, yaitu penentuan tema lebih diawalkan daripada tahun-tahun sebelumnya. Hal itu terbukti bahwa pada bulan kedua ini para peserta diharuskan sudah memiliki tema yang akan dikaji lebih dalam guna mempresentasikan tugas akhir mereka. Penentuan tema dilakukan lebih awal agar para peserta memiliki waktu yang cukup untuk mendalami permasalahan atau isu-isu kontemporer yang akan dikaji. Selain itu, agar persiapan peserta lebih matang dalam menemukan rujukan ataupun referensi-referensi mengenai tema yang akan dibahas, tutur al-Ustadz Rodhi Haqiqi BCM salah satu mentor PKU tahun ini.

Di dalam acara ini, para peserta diberikan kesempatan untuk memaparkan tema yang akan dibahas. Kemudian, para mentor mempunyai wewenang untuk mengkritisi tema tersebut. Bahkan, jikalau tema tersebut tidak sesuai dengan yang diharapkan, bisa ditolak. Lalu akan diberikan solusi tema yang lain yang sesuai dengan isu tentang pemikiran dan wacana kontemporer.

Dalam penulisan makalah atau tugas akhir, harusnya worldview Islam menjadi framework. Selain itu, hendaknya memahami wacana, tantangan, dan solusinya. Bahkan, tokoh-tokoh dalam wacana tersebut yang juga harus diketahui asal usulnya, tegas Al-Ustadz Yongki Sutoyo saat memberikan pengarahan dalam acara ini.

Selain itu, dalam menulis karya ilmiah berangkatnya harus dari problem atau isu yang sedang hangat diperbincangkan, agar supaya memudahkan antum dalam mencari judul, tutur Al-Ustadz Hasbi saat mengarahkan para peserta di kelompoknnya.

Ada beberapa tema yang diusung oleh peserta dalam tugas akhirnya, yaitu mengenai Epistemologi, Feminisme, Pendidikan, Sosial Politik (Sos-Pol), Ekonomi, Pluralisme Agama, Dekonstruksi Syari’ah, Syiah, dan Studi Qur’an-Hadits. Dalam tema ini, para peserta wajib memaparkan latar belakang pemilihan judul, isu yang akan dibahas, dan solusi dalam menyelesaikan isu tersebut.

Dalam proses validasi penentuan tema ini para peserta pku didampingi oleh beberapa mentor, diantaranya; Al-Ustadz Indra Ari Fajari, Al-Ustadz Yongki Sutoyo, Al-Ustadz Hasbi, Al-Ustadz Rodhi Haqiqi BCM, Al-Ustadz Eko, dan Al-Ustadz Rizki Fadillah. Dengan adanya mentor ini, para peserta lebih terarahkan dan mendapatkan beberapa solusi dalam memetakan tema yang akan dibahas.

Mudah-mudahan dengan diadakannya pertemuan dalam membahas tema tugas akhir ini, para peserta mendapatkan pencerahan dan solusi untuk menyelesaikan tugas akhir mereka secara tepat waktu (on-time).[]

Rep. Ach. Fuad Fahmi
Ed. Admin pku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.