Tantangan Dakwah

Materi tantangan dakwah merupakan kajian tambahan dan penguat dalam wawasan kader-kader ulama. Sebagaimana dalam misi PKU UNIDA Gontor, yaitu membekali peserta program agar dapat mengidentifikasi peta potensi umat Islam dan juga strategi menghadapi tantangannya. Materi ini dibagi menjadi tiga kajian :

1. Islam dan Isu-isu Kontemporer

Peserta akan disuguhkan berbagai masalah yang muncul di kehidupan umat Islam sekarang. Dalam hal ini tidak hanya dalam kasus dalam agama, namun segala isu yang bersangkutan dengan Islam seperti politik dan hukum.

2. Dunia Islam dan Dakwah

Sebagai kader ulama’ yang akan terjun ke masyarakat, para peserta dibekali terlebih dahulu dengan peta dakwah dunia Islam dan strategi dalam menghadapi berbagai tantangan tersebut. Dengan adanya materi ini, kader-kader ulama’ akan mudah dalam membuat atau mengatur strategi untuk menghadapi daerah yang akan dituju.

3. Agama-agama dan Aliran Merusak (sesat)

Selama program, peserta juga akan dibekali dengan wawasan tentang agama-agama dan juga aliran sesat yang menyebar dalam berbagai daerah di dunia Islam. Peserta juga dibekali terkait seluk beluk dari berbagai agama dan aliran sesat tersebut.

Dosen Pengajar

Ainul Yaqin, S. Si., M. Si., Apt.

Ainul Yaqin, S. Si., M. Si., Apt.

Tantangan Dakwah dan Strategi Menghadapinya
Head of The Council of Indonesian Ulama' East Java Branch
Farid Ahmad Okbah, M.A.

Farid Ahmad Okbah, M.A.

Syi'ah
Da'i
Dewi Purnamawati, M. PI.

Dewi Purnamawati, M. PI.

Kristologi
Muallaf
Dr. Jarman Arroisi, M.Ud.

Dr. Jarman Arroisi, M.Ud.

Aliran Kepercayaan dan Kebatinan
Ph.D on Dirasah Islamiyah in UIN Sunan Ampel, Surabaya.
Arif Wibowo, M.PI.

Arif Wibowo, M.PI.

Budaya dan Sastra Islam
Researcher in Laboratorium Dakwah Ki Ageng Henis