pku.unida.gontor.ac.id- Pada hari Senin (29/7) Universitas Darussalam Gontor (UNIDA GONTOR) telah sukses menggelar acara Pekan Perkenalan Khutbatu-l-Arsy (PPKA) di depan Gedung Terpadu Unida Gontor. Mengapa demikian? Karena semua rentetan kegiatan terlaksana dengan baik dan disiplin.

Dari mulai kedatangan para Dosen, Mahasiswa/i, dan Tamu undangan yang terbilang tepat waktu (on time) serta penyajian acaranya juga sangat berkualitas. Diadakannya PPKA ini untuk memperkenalkan seluruh keluarga universitas Darussalam Gontor tentang nilai-nilai Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) dan untuk tajdidu al-niyyah, agar kedepannya Universitas ini tetap solid dan konsisten dalam menegakkan rel dan nilai-nilai yang sudah dirintis oleh Trimurti PMDG.

Tahun ini merupakan tahun ketiga pelaksanaan PPKA di Kampus UNIDA Gontor. Acara yang diselerenggarakan tiap tahun ini juga turut mengundang Bapak Pimpinan Pondok Modern Darussalam, selaku Inspektur Upacara: K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi, K.H. Hasan Abdullah Sahal, K.H Syamsul Hadi Abdan.

Tidak hanya itu, PPKA UNIDA Gontor juga mengundang para Anggota Badan Wakaf, Wakil Pengasuh Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) Kampus Cabang.

Acara yang dimulai pada pagi yang cerah ini dimulai dengan Pengibaran Bendera Merah Putih. Saat itu, Pasukan Pengibar Bender (Paskibra) bergegas untuk mengibarkan sang Saka Merah Putih.

Setelahnya, dilanjutkan dengan Inspeksi Barisan oleh Inspektur upacara dan beberapa jajarannya. Inspeksi barisan ini bertujuan untuk meninjau persiapan dan kesiapan barisan Mahasiswa UNIDA Gontor yang berjejer rapi sesuai dengan Program Studi (Prodi) masing-masing berseragamkan kemeja putih, celana hitam dan kopyah hitam. Usai inpeksi, dilanjutkan dengan Pidato Singgasana yang disampaikan oleh K.H. Hasan Abdullah Sahal.

Dalam pidatonya, beliau menuturkan bahwa:

Pondok Modern Darussalam Gontor Menuju 100 Tahun.Tetap eksis, hidup bergerak, maju berkembang dan bermanfaat in Sya Allah. Ini adalah Tahun Kualitas, tahun pemantapan status, posisi, dan orientasi pondok. Kultur Panca Jiwa yang kokoh dan struktur kemodernan. Menambah fasilitas-fasilitas yang prinsip serta pengembangan Universitas Darussalam Internasional. In Sya Allah Fakultas Kedokteran akan berdiri sebelum 1 abad dari Umur Gontor. Entah ditolong atau tidak ditolong. Kita minta kepada Allah SWT. kalau bukan kita siapa lagi. Kalau bukan sekarang kapan lagi.”.

K.H Hasan Abdullah Sahal

Sambutan beliau memberikan setruman serta motivasi yang mendalam bagi seluruh Keluarga Universitas Darussalam Gontor agar tetap optimis dan konsisten terhadap nilai dan sistem pondok. Dan InsyaAllah target perintisan fakultas kedokteran segera tercapai sebelum 1 abad Gontor, “ujar beliau.

Setelah pidato Bapak Pimpinan, acara dilanjutkan dengan beberapa penampilan dan kreatifitas Mahasiswa UNIDA, diantaranya: Archery, Marawis, Taekwondo, Paduan Suara, Tari Papua, Reog, Persimada, Campur Sari, Marching Band UNIDA, Musikalisasi Puisi, Tari Malulo, Tari Kecak, Topeng Ireng, Bela Diri Militer, Paskibraka.

baca juga: Peserta PKU XIII UNIDA Gontor Siap Ikuti Konferensi Internasional “Religious Issues In Indonesia And Malaysia”

Tidak kalah semaraknya, acara PPKA ini diakhiri dengan kegiatan LKBB (Lomba Kegiatan Baris Berbaris) yang diikuti oleh seluruh Mahasiswa masing-masing prodi. Suksesnya acara PPKA ini mendapatkan apresiasi dari Rektor Universitas Darussalam Gontor, Prof. Dr. K.H. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A. pada saat kuliah Umum Babab I di Hall Gedung terpadu.

Beliau menuturkan “di UNIDA Gontor, Minat dan Bakat Mahasiswa tersalurkan di semua bidang, ini adalah salah satu bentuk kemajuan Universitas”. Acara ini berjalan dengan baik dan lancar berkat perjuangan dan pengorbanan para dosen dan mahasiswa, “ujar beliau.

Meski PPKA pertama, kedua, dan ketiga dinilai sukses, mudah-mudahan ditahun mendatang bisa lebih baik dan lebih extraordinary, sehingga universitas yang bersistemkan pesantren ini menjadi garda terdepan dalam mendidik Generasi Bangsa.[]

Rep. Ach Fuad Fahmi
Ed. Achmad Reza Hutama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.