pku.unida.gontor.ac.id- Kajian kebenaran merupakan tema sentral dalam kajian epistemologi. Karena secara umum setiap orang memahami bahwa tujuan pengetahuan adalah untuk mencapai sebuah kebenaran. Ketika menyadari dirinya dalam kebenaran akan merasakan kepastian. Akibatnya, suatu kebenaran dan kepastian lazim diberi nilai absolut.

Namun demikian, adanya sikap selalu mempertanyakan kebenaran untuk mendapat kepastian berarti mempermasalahkan keabsolutannya. Serta memposisikan kebenaran sama dengan keraguan. Hal ini berarti telah menjadikan keraguan sebagai landasan epistemologi. Padahal, penempatan keraguan sebagai landasan epistemologi dalam mencapai kebenaran berlawanan dengan pandangan Islam. Karena dalam Islam hanya hidayah yang akan menghantarkan kepada kebenaran. Sedangkan keraguan, baik itu bersifat pasti maupun sementara, tidak akan sampai kepada kebenaran.

BACA JUGA: Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi: Bagaimana Berislam Dengan Pikiran?

Virus epistemologi kebenaran di atas telah merambah dalam Islam. Hal ini terbukti dengan munculnya pandangan bahwa kebenaran absolut tidak dapat dicapai oleh manusia, karena kebenaran yang diperoleh bersifat sepihak.

Bagaimana sebenarnya konsep kebenaran dalam Islam, karena kajian tentang kebenaran ini menjadi penting karena menjadi dasar pandangan terhadap konsep Tuhan, konsep manusia dan konsep alam. Adanya kerancauan pemahaman terhadap konsep kebenaran menjadikan keilmuan yang diyakini perlu dipertanyakan validitasnya. Maka, CIOS menyuguhkan kajian mingguan dengan pemateri sebagai berikut:

Ahmad Faizin Soleh (Utusan Pondok al-Muqaddasah) dengan judul “Relativisme Kebenaran; Problem dan Implikasi terhadap Sosial”.

BACA JUGA: Kebebasan dalam Islam

Selain kajian kebenaran, kajian ini juga menyuguhkan tentang Islamisasi Budaya, tema ini penting juga karena era sekarang ini virus Barat sudah mulai merabah ke seluruh tubuh terma dalam Islam.

M. Ramadhani Sanjaya (Utusan Pondok Modern Daarul Qolam) dengan judul “Islamisasi Budaya Pop Kontemporer”

Waktu     : Senin, 14 Oktober 2019
Tempat   : Hall Hotel UNIDA Gontor
Fasilitas  : Sertifikat

Kajian ini untuk  umum dan gratis, silakan merapat malam ini, dan jangan lupa bawa catatan dan pena!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.