how to write an essay vague topic freeessaywriter how to write cv bullet points

Tema Dirasah Islamiyah ini dibagi menjadi beberapa sub-Tema, yaitu :

A. Studi Quran

Mempelajari al-Qur’an merupakan salah satu kewajiban bagi seorang kader ulama’. Dalam program ini, peserta akan diajarkan berbagai ilmu terkait ‘Ulum al-Qur’an, seperti Asbabun Nuzul, I’jaz al-Qur’an, al-nasikh wa al-mansukh, dll. Selain itu peserta juga dibekali pengetahuan terkait “Tantangan Studi Qur’an Kontemporer” ( Tafsir Hermeneutika, Ta’wil, Tanzil, Otentisitas al-Qur’an dsb), sehingga para kader ulama’ dapat menjawab berbagai problema tersebut.

B. Studi Hadits

Selain al-Qur’an, Hadits juga merupakan salah satu kewajiban bagi seorang kader ulama’. Dalam program ini, peserta akan diajarkan berbagai ilmu terkait ‘Ulum al-Hadits, seperti jenis-jenis hadits, sanad, matan, jarh wa ta’dil, dll. Selain itu peserta juga dibekali pengetahuan terkait “Tantangan Studi Hadits Kontemporer” (Hermeneutika, Otentisitas Hadits dan Matan dsb), sehingga para kader ulama’ dapat menjawab berbagai problema tersebut.

C. Islam dan Ideologi Kontemporer

Selama program, peserta akan dibekali dengan wawasan berbagai aliran yang “sesat” dan ideologi-ideologi kontemporer (Materialisme, Liberalisme, Sekularisme, Pluralisme, Feminisme, Syi’ah, dll). Selain itu, peserta juga akan dibekali berbagai pengetahuan kekeliuran dan strategi untuk menghadapinya.

D. Integrasi Aqidah dan Syariah (Worldview Islam)

Sebagai kader ulama’ yang akan menjawab berbagai jawaban atas tantangan umat, maka pengetahuan terkait Worldview (cara pandang) Islam merupakan hal yang sangat urgen. Materi ini akan diampu langsung oleh Assoc. Prof. Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A.Ed., M.Phil. yang merupakan murid dari penggagas Islamic Worldview yaitu Tan Sri Professor Dr Syed Muhammad Naquib alAttas. Dalam materi ini, peserta akan dibekali tentang bagaimana seharusnya seorang muslim melihat dan menjawab berbagai persoalan dan tantangan kontemporer.

E. Syariah

Materi “Syari’ah” merupakan kajian yang wajib dan perlu bagi seluruh peserta. Materi ini akan diadakan dengan bentuk klasikal, dan juga berupa kajian talaqqi kitab dari beberapa ulama. Disamping itu, peserta juga dibekali dengan wawasan tentang “Dekonstruksi Syari’ah” yang terjadi di umat Islam dan juga strategi untuk menghadapinya.

F. Pemikiran Islam Kontemporer

Materi kajian ini merupakan icon dari PKU UNIDA Gontor. Dalam materi ini, peserta akan dibekali dengan berbagai pemikiran tokoh-tokoh pembaharu Islam dan juga pemikiran kelompok “modernis” dalam Islam. Peserta juga akan dibekali dengan strategi untuk menghadapi berbagai tantangan yang ada di dalamnya.